Kerupuk Kulit, Tak Sekedar Street Food Belaka

Posted: May 29, 2009 in Ada Barang Bagus
DSCN6468

kerupuk kulit

Kerupuk kulit tidak hanya sekedar street food atau jajanan saja. Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari kudapan ini. Dari segi bisnis hingga segi kesehatan.





Kerupuk sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Jajanan ini sering dikonsumsi untuk makanan selingan dan pelengkap makan nasi, bahkan tak sedikit orang menganggap kerupuk sebagai lauk sehari-hari.

Ada dua jenis kerupuk yang dikenal masyarakat, yaitu kerupuk dengan bahan baku nabati dan kerupuk dengan tambahan bahan pangan hewani. Kerupuk bahan baku nabati seperti kerupuk singkong, kerupuk bawang, kerupuk pecel, kerupuk rambak, dan kerupuk mie. Sedangkan untuk kerupuk tambahan bahan pangan hewani seperti kerupuk udang, kerupuk ikan, dan kerupuk rambak kulit.

Untuk kerupuk rambak kulit masih belum banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Kerupuk dengan bahan tambahan hewani yang banyak beredar di masyarakat saat ini mengunakan tambahan ikan dan udang. Bawang merah, bawang putih, dan garam umumnya digunakan produsen sebagai penyedap rasa alami.

Agak Rumit.

Konsumsi kerupuk rambak kulit yang rendah disebabkan juga karena belum banyak produsen yang menekuni usaha ini karena memang proses pembuatannya cukup rumit.Butuh ketekunan dan ketelitian dari pembuatnya. “Saya harus mencoba sampai lima kali, setelah itu baru bisa lancar membuat kerupuk rambak,” ujar Dalimin (66) yang sudah 22 tahun menggeluti usaha ini.

Proses awal yang harus Anda lakukan untuk membuat kerupuk rambak yaitu kulit utuh sapi atau kerbau diiris menjadi empat. Disarankan memakai kulit kerbau karena akan memudahkan dalam pengelupasan bulunya. Kemudian dibuat lubang di salah satu sudutnya. Lalu direbus sekitar 15 menit hingga bulu dan kulit luar mudah dikelupas. Setelah direbus lalu didinginkan. Kemudian Anda kerok dengan menggunakan pisau sampai bersih.

Langkah berikutnya, kulit tadi dipotong-potong segi empat kurang lebih 10 cm. Lalu di rebus kembali sampai matang. Proses selanjutnya adalah pendinginan dan pembersihan serta pengambilan daging yang masih melekat di kulit. Kemudian dipotong kecil-kecil sekitar 2 cm. Baru dijemur kurang lebih 2-3 hari. Apabila tidak dijemur hingga kering bisa membuat kerupuk hancur pada saat penggorengan.

Proses terakhir adalah proses penggorengan dan pemberian bumbu. Di sini merupakan proses yang paling sulit. Penggorengan akan menentukan kerupuk yang mengembang dan renyah. Sedangkan pemberian bumbu akan menentukan merata atau tidaknya bumbu. Untuk penggorengan bisa memakan waktu hingga 8 jam.

Dalam proses penggorengan disarankan menggunakan kayu bakar. “Pakai kayu bakar selain murah juga bisa mengatur suhu minyaknya,” ungkap Dalimin. Pemberian bumbu dilakukan saat kerupuk sudah mulai mengembang. Bumbu untuk kerupuk rambak umumnya bawang putih dan garam. Keduanya dihaluskan hingga benar-benar halus. Ada tips pemberian bumbu dari Dalimin, yaitu mengurangi jumlah kayu dan minyak kira-kira sampai setengahnya. Ini supaya suhu tidak terlalu panas dan mengurangi letupan yang diakibatkan adanya garam dalam bumbu tadi. Jika terjadi letupan, selain membahayakan penggoreng juga bisa menyebabkan kerupuk menjadi rusak.

DSCN6461

Dalimin, pengusaha kerupuk kulit

Peluang Bisnis.

Belum banyaknya pengrajin yang menekuni usaha kerupuk rambak kulit, tentunya membuka peluang bisnis bagi Anda. Dengan sedikitnya pesaing di usaha ini akan memudahkan Anda dalam proses pemasarannya. Dua kulit sapi atau kerbau bisa menghasilkan 100 kg kerupuk rambak. Harga yang dipatok Dalimin dalam menjual kerupuknya sebesar 100 ribu rupiah per kg. “Harga 100 ribu per kilo tidak memberatkan pembeli kok, kalau lebaran Saya sampai kewalahan memenuhi permintaan pembeli,” ujar pengrajin yang saat pertama kali usaha menjual kerupuknya seharga 12 ribu rupiah per kg ini. Dalimin bisa menjual kerupuk rambak hingga 300 kg per produksi jika lebaran tiba.

Kesulitan dalam usaha ini terletak pada pemenuhan bahan baku utamanya yaitu kulit. Lebih sulit mencari kulit kerbau daripada kulit sapi, padahal kulit kerbau lebih mudah dalam proses penglupasan bulunya. “Kalau di Purworejo sudah tidak ada kulit kerbau, Saya harus mencari sampai Solo,” kata pengrajin asal Purworejo itu.

Diantara kerupuk rambak yang berhasil dalam penggorengan ada pula kerupuk yang gagal. kerupuk-kerupuk gagal tersebut tetap bisa dijual. Umumnya digunakan untuk sayur. Untuk kerupuk sayur ini, Dalimin tetap menjual dengan harga 100 ribu per kg. Saat ditanya berapa omzet per bulan, Dalimin hanya mengatakan mengambil keuntungan 5 ribu rupiah per kilogram dari kerupuk rambak yang dijualnya.

Bergizi Tinggi.

Tak hanya berpeluang bisnis, kerupuk kulit juga berpeluang menambah gizi untuk kesehatan tubuh. Berdasarkan hasil penelitian dari Pusat Penelitian Penyakit Tidak Menular, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan RI, menyimpulkan bahwa kerupuk kulit merupakan kerupuk yang paling bergizi dibandingkan dengan kerupuk tapioka, terigu, dan kedelai. Berbagai macam gizi seperti protein, karbohidrat, dan lemak serta mineral terkandung didalamnya. Kerupuk kulit mengandung 82,9 % protein. Sedangkan mineral seperti kalsium, fosfor, dan besi terkandung sebanyak 0,04%.

Jajanan ini juga tak semuanya dibuat dengan bahan alami. Demi meraup keuntungan yang lebih, pengrajin kadang mencampurkan bahan tambahan seperti boraks, MSG, dan zat pewarna buatan. Anda tentunya harus berhati-hati dengan ketiga bahan tambahan tersebut. Pengrajin nakal kadang menambahkan warna kuning agar penampilan kerupuk lebih menarik. Untuk kerupuk rambak tanpa zat pewarna mempunyai warna kuning kusam yang terciptakan secara alami dalam proses penggorengan.

DSCN6469

Proses membersihkan rambut

Pemberian MSG pada kerupuk kulit biasanya untuk penyedap rasa. Terlalu banyak pemberian MSG tentunya tidak baik bagi kesehatan yaitu bisa menimbulkan Chinese Restaurant Syndrome (CRS). Gejala pengidap CRS ini adalah perasaan kaku bagian tengkuk kemudian menyebar ke bagian tangan, punggung. Hal lain yaitu Anda merasa lemas, denyut jantung lebih cepat, pusing, muka memerah, sesak nafas dan perasaan tidak enak.

Boraks umumnya digunakan pengrajin untuk bahan pengawet. “Saya tak perlu menggunakan bahan pengawet, dengan proses pengeringan yang baik bisa bikin kerupuk lebih tahan lama kok,” ungkap Dalimin. Sesuai dengan Permenkes No. 1168/Menkes/Per/X/1999, penggunaan boraks pada makanan dilarang. Ini dikarenakan akan menyebabkan efek samping negatif pada kesehatan tubuh. Efek samping tersebut seperti mual, lemas, pusing, depresi, muntah-muntah, diare, dan kram perut. Apabila terlalu sering menyantap makanan berboraks bisa menyebabkan efek samping yang lebih parah seperti kekejangan, koma, dan koleps.

Makanan kecil, makanan ringan, atau kudapan apapun, jika kita jeli maka akan mempunyai manfaat dan peluang yang besar.

Diterbitkan di Majalah Agro Observer Edisi 23

Comments
  1. Deni Herdiana says:

    saya sangat berminat menekuni bisnis ini, harga kulit satu ekor kerbau berapa ya?dan beli nya dimana?

    • Sebuah Catatan Bulanan says:

      untuk harga saya kurang paham, namun kata produsen kerupuk ini harganya lebih mahal dari kulit sapi. untuk mendapatkannya daerah solo masih banyak kulit kerbaunya

  2. zuliyanto says:

    harga 1KG kulit kerbau ada yang 60rb dan 55rb, klo minat hubungi 0274 8303950,

  3. Sebuah Catatan Bulanan says:

    silahkan hubungi pak zuliyanto, jika berminat bisnis di kerupuk kulit

    • turiman says:

      pak saya tertarik dengan bisnis ini, bagaimana saya minta ilmunya, karena didaearah saya yaitu pontianak belum ada,apa tipnya bapak

      • Sebuah Catatan Bulanan says:

        pak turiman, kalau saya tidak berkecimpung di bisnis ini. tapi berdasarkan wawancara saya dengan produsen kerupuk kulit ini, yang penting ketersediaan bahan baku seperti kulit, saya sarankan pakai kulit kerbau karena proses pengelupasan bulu lebih mudah. kemudian bapak harus tahu suplier kulit yang terdekat sehingga nantinya tidak menambah biaya transportasi yang kemudian membuat harga kerupuk kulit bapak jadi mahal. kemudian kalau bapak baru pertama kali usaha ini, lebih baik bapak belajar cara membuat kerupuk ini, karena butuh ketekunan.salam

  4. gurman says:

    Kami menyediakan kulit sapi kering tanpa bulu dan kami datangkan dari negara timur tengah .current stock ada 24 ton.Kalau ada yang berminat,kami bisa supply 4 x D40 per bulan @ 20 ton per D40.
    Untuk info pls contact 081 805 105 216 / flx 0341 5357512

  5. alung says:

    boleh dapatkan alamat serta nomor hp nya Bapak Dalimin?

  6. gaza ali says:

    saya mem punyai keahlian membuat kerupuk kulit…ada kah yang mau berminat membuka usaha bersama saya…berupa tempat dan modal..no hp 087793217148

  7. Adeprianto says:

    Blh minta no hp /almt bp dalimin donk !

  8. hais quraisi says:

    Di mana pabriknya. kami minat

  9. faris ARSAS says:

    untuk mbuat krpuk rmbak, yg d’ gunakn itu kulit kepala atau kulit badan nya?
    karna saya perna buat tp krupuknya alot atau tdk renyah.

  10. bu sakti says:

    saya domisili di Kudus,adalah pedagang daging,di psr Bitingan,menjagal sendiri,jdi otomatis setiap hari punya stok kulit.Jika ada yang berminat kulit kerbau/sapi,silahkan kontak ke 082136635060,Kami tggu.Trmksh

  11. Prosindo says:

    Kami perusahaan daging lokal terletak di Cipanas mempunyai banyak stock kulit sapi, kami bisa antar ke daerah Jakarta dan sekitarnya kalau ada yg berminat mohon hubungi kami di 72800547.
    Terima Kasih

  12. wieke says:

    Saya ingin dibuatkan kerupuk kulit dengan rasa bumbu yang kami produksi sendiri. Dimana bisa menghubungi untuk hal ini ya? tks.

  13. apa keuntungan berbisnis krupuk kulit? bagaimana awalnya krupk kulit ini bisa berdiri?

    • Sebuah Catatan Bulanan says:

      Kudapan ini bisa sebagai diversifikasi bahan pembuat kerupuk aja Fara. Tentu pertama melihat peluang dan bahan baku pembuatnya mudah didapat dan murah atau tidak

  14. kustanto says:

    posisi saya di sidoarjo jawa timur
    membutuhkan kerupuk kulit (rambak). siapa yang bisa supply saya?
    0815 5014580

  15. isyam says:

    sy baru mulai usaha kerupuk kulit, untuk kerupuk kulit mentah siap goreng saya jual Rp.65.000 /kg, lokasi di ciputat tangsel, klo ada yg minat bantu pemasaran hub 02193600925, trims

  16. KERUPUK KULIT SAPI ASLI HALAL
    Mentah per 1kg = Rp. 56.000,-
    Matang per 1kg = Rp. 80.000,-

    Kwalitas krupuk kotak rapi, sudah kami sortir dari yang kecil2
    Cocok untuk USAHA/BISNIS krupuk rambak

    Harga Diatas belum termasuk Ongkos Kirim.
    Beli partai besar dapat diskon khusus

    Dwi dharmawan
    Alamat : Jl. Griya Kauman Indah B-2 Bangil Pasuruan

  17. KERUPUK KULIT SAPI ASLI HALAL
    Mentah per 1kg = Rp. 56.000,-
    Matang per 1kg = Rp. 80.000,-

    Kwalitas krupuk kotak rapi, sudah kami sortir dari yang kecil2
    Cocok untuk USAHA/BISNIS krupuk rambak

    Harga Diatas belum termasuk Ongkos Kirim.
    Beli partai besar dapat diskon khusus

    Dwi dharmawan
    Alamat : Jl. Griya Kauman Indah B-2 Bangil Pasuruan

    kerupukkulitsapisuper blogspot com

  18. Agus budiyanto says:

    Sekedar ingin tau, tp kalo cocok ya ok. Posisi saya di bontang kal-tim. Kalo saya mau pesan krupuk kulit mentah siap goreng, per kg brapa ya? (Sudah tambah ongkos kirim). Tks.

  19. Eva says:

    Tolng jelaskn kembali proses pemberian bumbu yg sy kurg mengerti

  20. Suryadi says:

    bagi yang berminat bahan baku kerupuk kulit yg basah Rp 9.000/kilo yg kering Rp 33.000/kilo

    bagi yg berminat bisa hubungi 0813-1852-0238

  21. fayola says:

    saya orang purworejo juga,,saya cukup tertarik. boleh minta alamat atau nomor HP pak dalimin?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s