Balit Sembawa Sediakan Informasi Harga Karet

Posted: February 1, 2011 in Ada Barang Bagus

Banyak petani karet mengeluh tidak bisa mendapatkan informasi harga yang sedang terjadi. Hal ini kemudian berimbas pada  rendahnya posisi tawar petani terhadap pembeli. Tak ayal, petani hanya pasrah saat karetnya dibeli dengan harga rendah. Namun persoalan itu tampaknya dapat segera teratasi. Balai Penelitian (Balit) Sembawa membuat terobosan dengan membuat fasilitas Short Message Service (SMS) informasi harga karet terkini.

Untuk menyediakan pedoman dan acuan harga bahan olah karet (bokar) tersebut, Balit Sembawa memberikan layanan informasi harga karet harian dengan memanfaatkan fasilitas teknologi informasi terkini yaitu layanan SMS melalui telepon genggam. Sinung Hendratno, salah seorang peneliti Sosial Ekonomi Balit Sembawa menjelaskan bahwa layanan informasi harga melalui SMS digunakan karena memberikan jaminan pelayanan yang mudah dijangkau dan diakses oleh para pengguna. “Untuk mengakses informasi harga tersebut caranya sangat mudah, yaitu hanya mengetik: KARET HARGA, kemudian dikirimkan ke nomor: 9779,” ujar Sinung. Sinung menambahkan, sebagai jawaban bagi pengguna, informasi harga akan diterima kembali dalam teks SMS. Jika pengguna melakukan akses pada tanggal 3 September 2010 misalnya, jawaban SMS sebagai berikut: ”Balai Penelitian Sembawa: Prakiraan Harga Karet Kering 100% di Palembang 03/09/2010: Rp26.800-Rp27.300/Kg”

Sebagai catatan, yang dimaksud sebagai prakiraan harga karet kering 100 % di Palembang adalah prakiraan harga untuk bahan olah karet pada kondisi 100 % kadar karet kering di pintu pabrik karet remah di Palembang. Informasi harga karet tersebut akan diupdate setiap hari pada pukul 09.00 WIB.

Seperti kita ketahui, karet menjadi salah satu komoditas utama perkebunan dan menjadi andalan sumber devisa negara serta sumber pendapatan bagi dua juta keluarga petani. Di Provinsi Sumatera Selatan saja misalnya, terdapat sekitar 500 ribu petani dan pedagang serta lembaga pemasaran yang berkepentingan dengan karet, yang berdomisili di berbagai pelosok pedesaan.

Sampai saat ini informasi mengenai harga karet hampir tidak dipunyai oleh para pelaku pemasaran khususnya petani. Informasi mengenai harga karet di lapangan tidak bebas diakses, kurang transparan, dan asimetri. Hanya sedikit saja dari petani yang mengetahui informasi harga sebelum mereka menjual karetnya di “kalangan atau pasar karet”, itu pun diperoleh secara sepihak dari para pedagang karet dan lembaga pemasaran vertikal lainnya, yang notabene adalah calon pembeli karet petani. Para pedagang karet dan lembaga pemasaran vertikal lebih menguasai perkembangan harga dan bertindak sebagai penentu harga (price maker), sementara petani karet seringkali hanya berfungsi sebagai penerima harga (price taker). Kondisi ini harus segera diperbaiki.

Pedoman atau acuan harga karet yang diperlukan adalah yang dapat tersedia setiap saat dan dapat diakses secara bebas oleh para pelaku pasar terutama petani yang berdomisili di pelosok pedesaan sehingga informasi harga menjadi lebih transparan dan simetri. Pedoman atau acuan harga karet juga diharapkan dapat memberikan manfaat bagi semua pelaku pasar bahan olah karet dalam upaya memperbaiki sistem pemasaran dan pendapatannya.

Masih untuk Palembang. Pada tahap awal, penyediaan layanan harga karet harian melalui SMS masih ditujukan untuk wilayah pasar Palembang (Sumatera Selatan), dengan sasaran utama pengguna layanan adalah para pelaku pasar perkaretan khususnya petani, pedagang karet, dan pengelola pasar lelang dan kemitraan karet. Dalam penyediaan layanan ini, Balit Sembawa bekerja sama dengan tiga operator komunikasi GSM terbesar di Indonesia, yaitu Telkomsel, Indosat, dan Pro XL.

Oleh karena itu, layanan ini hanya bisa diakses bagi pengguna yang menggunakan jasa ketiga operator tersebut. ”Layanan info harga karet lewat SMS ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan para pelaku pasar yang menginginkan adanya transparansi dan simetri harga karet guna memperbaiki efisiensi sistem pemasaran dan pendapatannya,” ujar Sinung.

Ke depan, layanan info harga karet akan dikembangkan untuk wilayah pasar karet lainnya seperti wilayah pasar Medan (Sumatera Bagian Utara), Jambi, Padang (Sumatera Bagian Barat), Pontianak (Kalimantan Bagian Barat), dan Banjarmasin (Kalimantan Bagian Selatan, Tengah, dan Timur), sehingga pada akhirnya dapat dimanfaatkan oleh semua pelaku pasar di seluruh sentra karet di Indonesia.

Sinung Hendratno

Peneliti Sosial Ekonomi Balai Penelitian Karet Sembawa

About these ads
Comments
  1. redy says:

    bos harga karet kira2 berapa per kilo hari ini

  2. Rasyo Tkd In says:

    bagaimana cara saya bisa menjual karet ke pabrik langsung..? apa spesifikasinya…?

    • Sebuah Catatan Bulanan says:

      Umumnya pabrik meminta bokar harus bersih dari tatal, tanah, dll. lalu bokar tidak direndam di air mengalir

  3. sudarwanto says:

    Mau tanya pak apa kita bisa jual ke pabrik langsung secara perorangan, semisal dgn kita bw kepabrik dgan minimal 1 ton.dan tolong infonya pabrik mana saja yg bisa trima dgn hal trsebut

  4. sudarwanto says:

    pak mau tny apa bisa kita jual karet secara perorangan ke pabrik dgn minimal tonase min 1 ton.trm ksh infonya

  5. Mustafa says:

    Pak saya mau ajak kerjasama untuk pembelian karet di KALTENG hub. Saya di +6285754775533

  6. Soengkono sung says:

    Kerjasama contact ke 081369433445

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s