KETEP PASS, Meneropong Gagahnya Merapi

Posted: May 29, 2009 in Kaki Langit
DSCN6402

pengunjung sedang teropong Ginung Merapi

Letak Ketep Pass tidak begitu jauh dengan Gunung Merapi, hanya berjarak 14 Km. Tak hayal banyak wisatawan baik dalam maupun luar negeri tertarik untuk mengunjunginya.






Sebelum dijadikan sebagai tempat wisata, Ketep Pass hanya digunakan sebagai gardu pandang untuk mengamati aktivitas Gunung Merapi. Pada tahun 2002, atas prakarsa mantan Gubernur Jawa Tengah, Mardyanto, kawasan ini dijadikan sebagai obyek wisata kegunungapian. Ide awal didirikan kawasan ini karena ketidakpuasan wisatawan mancanegara dengan obyek wisata yang ada di Jawa tengah. Hanya Candi Borobudur saja yang membuat mereka tertarik.

Kondisi di atas mengakibatkan wisatawan mancanegara akhirnya memilih Yogyakarta sebagai tujuan wisatanya. Namun dengan adanya Ketep Pass, diharapkan Jawa Tengah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara. Ketep Pass pun masuk ke dalam program Visit Indonesia Year 2008.

Ketep Pass berada di ketinggian 1200 m di atas permukaan laut. Akses untuk menuju ke Ketep Pass sudah sangat mudah. Namun, Anda harus menghadapi jalan yang berliku dan tanjakan terjal untuk menuju ke sana. Butuh waktu sekitar 1 jam menuju kawasan ini jika Anda memulai perjalanan dari Yogyakarta atau 30 menit dari Kabupaten Magelang.

Hamparan hijau lahan pertanian akan menemani Anda selama perjalanan menuju lokasi. Anda harus mempersiapkan baju hangat ataupun sweater, karena sesampainya di kawasan ini Anda akan disambut udara dingin dan sejuk dari suhu 180C. Pada malam hari suhu di Ketep Pass bisa mencapai 160C.

Untuk penginapan seperti hotel dan vila di sekitar kawasan ini masih kurang tersedia. Kebanyakan wisatawan masih menginap di Yogyakarta atau di Magelang. Belum banyak investor menginvestasikan untuk fasilitas ini. Hal ini dikarenakan besarnya resiko yang diterima apabila Merapi sedang mengamuk. Tak perlu khawatir dimana memarkir kendaraan Anda, karena di kawasan ini disediakan areal parkir yang luas.

Ketep Pass dibuka dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore. Namun pada hari libur, kawasan yang dikelola oleh Badan Pengelola Obyek Wisata Ketep Pass ini dibuka hingga jam 6 sore. Di hari biasa, jumlah pengunjung Ketep Pass sebanyak 300 hingga 500 orang. Jumlah pengunjung akan melonjak hingga 7000 orang apabila hari libur nasional tiba.

DSCN6399

Coffee Corner

Panca Arga dan Teropong.

AO merekomendasikan untuk mengunjungi taman terbuka Panca Arga terlebih dahulu. ”Panca Arga berarti lima gunung, artinya di sini Anda bisa melihat lima gunung yang letaknya mengelilingi kawasan ini”, ujar Soenarno, Direktur Ketep Pass. Kelima gunung tersebut adalah Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, dan Slamet. Untuk memasuki taman ini, Anda harus membeli tiket Rp. 3.200,00 per orang. Harga tiket tersebut sudah termasuk asuransi jiwa.

Jika ingin melihat lebih jelas bagaimana bentuk puncak Merapi, Anda bisa menyewa teropong yang terdapat di Panca Arga. Anda harus merogoh kocek sebesar 3 ribu rupiah per 3 menit. Terdapat dua buah teropong di taman ini. Selain itu, Anda juga bisa menyewa teropong yang disewakan oleh warga. Namun teropong ini tidak terlalu jelas dibandingkan teropong yang ada di Panca Arga. Anda bisa menyewa sepuasnya dengan harga sewa sebesar 2 ribu rupiah. Saran bagi Anda agar bisa meneropong puncak Merapi dengan jelas, Anda harus datang ke kawasan ini sekitar jam 5 – 7 pagi. Karena pada jam-jam tersebut awan atau kabut tidak sedang menutupi puncak.

Wisata Edukasi.

Ketep Pass selain berkonsep ekowisata, juga mengedepankan aspek pendidikan mengenai kegunungapian. Hal ini tentu bermanfaat bagi putra-putri Anda. Ini senada diungkapkan oleh Giant (38), pengunjung asal Jakarta,” Di sini anak-anak Saya jadi lebih tau Gunung Merapi itu seperti apa, kan sebelumnya mereka hanya melihat di televisi saja”.

DSCN6363

pengunjung di depan bioskop

Di Ketep Pass terdapat Museum Vulcanologi yang menyajikan berbagai dokumen mengenai Gunung Merapi seperti poster letusan Merapi dari tahun ke tahun. Di sini juga terdapat miniature dari Gunung Merapi. Di museum ini pun juga terdapat komputer interaktif yang berisikan klip-klip pendek tentang aktivitas Merapi hingga korban-korban akibat amukan Merapi. Dengan 3 ribu rupiah, Anda sudah bisa memasuki museum ini.

Selain museum, juga terdapat Ketep Vulcano Theatre. Theatre ini menayangkan film dokumenter tentang aktivitas Merapi dari terjadinya gunung tersebut, jalur-jalur pendakian, dan penelitian di puncak garuda, serta letusan dahsyat Merapi. Film dokumenter tersebut berdurasi selama 22 menit. Untuk memasuki theatre ini, Anda harus membayar tiket seharga 5 ribu rupiah.

Fast Food dan Coffe Corner.

Jika udara dingin membuat perut lapar, Anda bisa memesan makanan di Ketep Pass Fast Food Restaurant. Makanan yang ada di sini sebagian merupakan makanan dan minuman khas dari Magelang. Menu andalan di restauran ini adalah ayam panggang saus strawberry dan segelas tape ketan hangat. Seporsi makanan ini dibandrol dengan harga 8 ribu rupiah sedangkan segelas tape ketan dibandrol dengan harga 6 ribu rupiah. Fast Food Restaurant letaknya ada di atas theatre, karena berada di tempat tinggi, Anda bisa melihat pemandangan yang indah sembari menikmati hidangan yang Anda pesan.

Jika tak ingin makan berat namun ingin sejenak menghangatkan tubuh, Anda bisa menuju coffe corner. Di sini Anda bisa bersantai dengan menenggak kopi hangat ditemani dengan kacang dan jagung rebus serta pisang goreng yang telah disediakan oleh pengelola.  Selain kedua kuliner tadi, Anda pun bisa mencoba jagung manis bakar. Anda bisa memesan jagung bakar dengan berbagai pilihan rasa seperti gurih, asin, dan pedas. Satu tongkol jagung bakar bisa Anda nikmati dengan harga 2 ribu rupiah. Anda bisa bersantai sambil menikmati lezatnya jagung manis bakar di gasebo yang telah disediakan oleh pengelola.

DSCN6431

menikmati jagung bakar

Oleh-Oleh Pilihan.

Ingin membawakan oleh-oleh untuk kerabat di rumah? Banyak alternatif pilihan untuk Anda bawa. Mulai dari buah dan sayuran hingga oleh-oleh khas Magelang. Untuk buah, Anda bisa membawa strawberry atau pepino ungu. Anda bisa mengunjungi kebun strawberry Banyu Rata atau Manda Strawberry yang letaknya tidak begitu jauh dari Ketep Pass. Di kedua kebun tersebut, Anda bisa memetik strawberry sendiri. Harga strawberry dijual dari harga 25 ribu hingga 40 ribu rupiah per kilogram. Untuk sayuran Anda bisa membawa kubis, wortel, tomat, cabe, kapri atau sawi. Selain oleh-oleh tadi, jangan sampai tidak membeli wajik, getuk, atau tape ketan. Ketiga makanan tersebut merupakan oleh-oleh khas Magelan

Masih terdapat air terjun Kedung Kayang di sini. Letaknya 3,5 Km dari Ketep Pass. Namun, air terjun ini belum dikelola dengan baik. Rekreasi tak hanya untuk mengisi liburan dan menghilangkan penat saja, namun bisa juga menambah ilmu pengetahuan. Ketep Pass akan menjadi hal baru bagi Anda dan keluarga.

Diterbitkan di Majalah Agro Observer Edisi 23

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s